Karpet vs Ubin

Kalori adalah bentuk energi yang berasal dari degradasi atau perubahan suhu yang dapat mengakibatkan perubahan ujud zat hingga terjadinya perambatan energi berupa kalor antara benda yang satu ke benda yang lain. Naah, saya tertarik mengamati sepupu-sepupu saya saat kami berlibur kerumah oom di Bogor yang termasuk kota hujan dengan daerah yang dingin. Pada saat jam tidur malam tiba, mereka berebut tidur diatas karpet ataupun tikar. siapa cepat dia dapat jadi yang lambat nggak dapat karpet (hehe).




Jelas ajalaah mereka milih karpet soalnya ubin memiliki konduktivitas termal yang lebih besar dari karpet. Saat kita tidur diatas karpet, kalor mengalir dari tubuh ke karpet yang terjadi karena suhu tubuh lebih besar dari suhu karpet. Karpet merupakan penghantar kalor yang buruk dan ini mengakibatkan kalor menumpuk dipermukaan karpet sehingga karpet pun terasa hangat dan nyaman untuk alas tidur.

Banyak juga orang yang bilang kalau tidur tanpa alas diatas ubin dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Padahal kalau dipikir-pikir itu semua disebabkan kalor di tubuh kita mengalir ke ubin. Karena kalor = energi yang berpindah, maka kehilangan banyak kalor dalam tubuhlah yang membuat energi dalam tubuh hilang.

Perambatan kalor kaya gini nih yang disebut dengan konduksi :)

0 komentar:

Posting Komentar

me :)

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
anak XI IPA-2 dengan nomer absen yang selalu terakhir :d

Followers :)