Suhu bumi meningkat



Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda.

Semakin hari, suhu bumi kita semakin terasa panas. Hal ini kian terasa apalagi saat kita berjalan pada siang hari. Hal ini yang disebut pemanasan global atau GLOBAL WARMING. Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Meningkatnya suhu bumi kita diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan yang ada.

Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi hal ini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. Bagian Selatan Kanada, sebagai contoh, mungkin akan mendapat keuntungan dari lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lain pihak, lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Afrika mungkin tidak dapat tumbuh. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika snowpack (kumpulan salju) musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir alami, akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.

Perubahan suhu global seperti ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Selain itu dapat juga menyebabkan malnutrisi atau kelaparan bagi orang-orang. Untuk mengurangi kenaikan suhu global, banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan. Mulai dengan menanam pohon dan memeliharanya serta mengurangi pemakaian motor, mobil, dan kendaraan lain agar karbon dioksida yang ada di bumi kita dapat berkurang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ckckck global warming ternyata berbahaya juga yah.

Posting Komentar

me :)

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
anak XI IPA-2 dengan nomer absen yang selalu terakhir :d

Followers :)