enak dan nggak enaknya mie instan


Siapa yang tidak suka mie instan? makanan cepat saji dengan berbagai rasa yang bisa memanjakan lidah. banyak orang yang memakan mie instan jika ia sedang terburu-buru ataupun tidak sempat untuk membuat makanan. Tapi tahukah anda?

Bagi para pengemar mie instan, ternyata di dalam mie tersebut terkandung lilin yang berfungsi untuk melapisi mie instant (mungkin itu juga yah yang menyebabkan mie tidak lengket satu dengan yang lainnya). Pernah rekan saya bereksperimen dengan cara menyimpan kuah hasil olahan mie instan selama 3 hari, dan ternyata memang terbukti ditemukan zat seperti lilin.

Bagi anda pengemar mie instan, mungkin kini saatnya untuk berhati-hati mengkonsumsi mie tersebut, karena tubuh kita membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk membersihkan zat lilin tersebut. Dan saya juga biasanya kalau mengkonsumsi mie instan, selalu membuang air hasil rebusan dan menggantinya dengan air hangat yang baru. (untuk meminimalkan zat lilin yang masuk).

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak pengawet pada mie instan :

  1. Rebus mie instan dengan benar-benar matang dan buang air bekas rebusan. Gunakan air panas lain sebagai kuah. Jangan memasak mie instan dengan cara diseduh.
  2. Jangan berikan semua bumbu mie instan. Berikan saja sedikit dan campur dengan bumbu buatan sendiri. Setidaknya menghindari sedikit bahaya mie instan dari tubuh Anda.
  3. Perhatikan kemasan mie instan, kapan tanggal kadaluarsanya, jangan sampai Anda makan mie instan yang sudah rusak.
  4. Jangan makan mie instan setiap hari. Kecuali Anda dalam keadaan terdesak seperti berada di penampungan bencana alam. Cukup makan mie instan satu kali dalam dua minggu, karena bahan-bahan yang ada di dalam mie instan harus dicerna cukup lama oleh lambung.
  5. Setelah makan mie instan, banyaklah minum air putih. Jangan dihantam dengan minum-minuman bersoda.
  6. Makanlah mie instan yang paling Anda sukai dan sudah sering Anda makan. Tidak usah mencoba-coba mie instan baru. Karena bila Anda kecewa dengan mie instan baru, Anda akan makan mie instan lagi untuk menutupi kekecewaan Anda. Tentu saja perilaku ini memicu Anda untuk terlalu banyak makan mie instan sehingga menambah bahaya mie instan di dalam tubuh Anda

1 komentar:

Meri Anggraini mengatakan...

Ya.. dan sayangnya aku suka mie instan yang berkuah. haa

Posting Komentar

me :)

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
anak XI IPA-2 dengan nomer absen yang selalu terakhir :d

Followers :)