Tugas Menulis

1. BILANGAN REYNOLDS
Dalam mekanika fluida, bilangan Reynolds adalah rasio antara gaya inersia (vsρ) terhadap gaya viskos (μ/L) yang mengkuantifikasikan hubungan kedua gaya tersebut dengan suatu kondisi aliran tertentu. Bilangan ini digunakan untuk mengidentikasikan jenis aliran yang berbeda, misalnya laminar dan turbulen. Namanya diambil dari Osborne Reynolds (1842–1912) yang mengusulkannya pada tahun 1883.
Bilangan Reynold merupakan salah satu bilangan tak berdimensi yang paling penting dalam mekanika fluida dan digunakan, seperti halnya dengan bilangan tak berdimensi lain, untuk memberikan kriteria untuk menentukan dynamic similitude. Jika dua pola aliran yang mirip secara geometris, mungkin pada fluida yang berbeda dan laju alir yang berbeda pula, memiliki nilai bilangan tak berdimensi yang relevan, keduanya disebut memiliki kemiripan dinamis.

dengan:

  • vs - kecepatan fluida,
  • L - panjang karakteristik,
  • μ - viskositas absolut fluida dinamis,
  • ν - viskositas kinematik fluida: ν = μ / ρ,
  • ρ - kerapatan (densitas) fluida.

Misalnya pada aliran dalam pipa, panjang karakteristik adalah diameter pipa, jika penampang pipa bulat, atau diameter hidraulik, untuk penampang tak bulat.

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan_Reynolds)

2. VISCOUS

Viscous merupakan bentuk pendesakan tidak stabil akibat proses pendesakan fluida yang lebih kental oleh fluida lain yang relatif kurang kental. Fenomena ini terjadi pada proses pendesakan minyak oleh air yang merupakan salah satu metode peningkatan produksi tahap lanjut (Enhanced Oil Recovery). Viscous merupakan salah satu hambatan utama dalam menaikkan perolehan minyak yang menyebabkan kecilnya efisiensi pendesakan.
Viscous juga dapat dimodelkan dengan Diffusion Limited Aggregation [ DLA ] yang dapat menghasilkan objek dengan dimensi fractal. DLA merupakan simulasi partikel yang bergerak secara random dalam lattice tertentu yang membentuk kelompok partikel (Aggregate). Dengan DLA dapat diteliti bentuk-bentuk viscous yang diakibatkan oleh proses pendesakan fluida pada kondisi unfavorable mobility ratio. Berdasarkan perbandingan mobilitas fluida pendesak dengan fluida yang didesak, akan menentukan efisiensi penyapuan yang dicapai.

Berdasarkan analisis fractal maka dimensi fractal untuk viscous dua dimensi berkisar antara 1,67 sampai dengan 1,99 tergantung dari MD LA. Dengan mengetahui bentuk fingering dan efisiensi, penyapuan untuk suatu harga perbandingan mobilitas, maka dapat dilakukan perubahan harga perbandingan mobilitas agar efisiensi penyapuan menjadi lebih besar.

(sumber : http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080530235518AA9jDEW)

3. GAUGE
(sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Gauge)

4. Laminar dan turbulen
1. Aliran Laminar yaitu aliran dengan fluida yang bergerak didalam suatu lapisan-lapisan dimana satu lapisan meluncur secara lancar. Dalam aliran laminar ini viskositas berfungsi untuk meredam kecendrungan terjadinya gerakan relatif antara lapisan. Sehingga aliran laminar memenuhi hukum viskositas Newton yaitu :
τ = μ du/dy
2. Aliran Turbulen yaitu Aliran dimana pergerakan dari partikel – partikel fluida sangat tidak menentu karena mengalami percampuran serta putaran partikel antar lapisan, yang mengakibatkan saling tukar momentum dari satu bagian fluida kebagian fluida yang lain dalam skala yang besar. Dalam keadaan aliran turbulen maka turbulensi yang terjadi membangkitkan tegangan geser yang merata diseluruh fluida sehingga menghasilkan kerugian – kerugian aliran. Aliran turbulen merupakan salah satu fenomena aliran fluida yang banyak ditemukan dalam aplikasi praktek dunia keteknikan. Misalnya pada analisa aliran jet dua dimensi, aliran dalam pipa, aliran pada plat sejajar, dan banyak analisa aliran lain yang lebih kompleks.

1 komentar:

BUNGARAN mengatakan...

slamat malam yessi mw naya?kira -kira yesi tw gak dari mana datang nya gaya inersia/gaya viscous (geser)=p (rho)x vs xL/viskositas?tw gak turunannya/kasih tw dunk..

Posting Komentar

me :)

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
anak XI IPA-2 dengan nomer absen yang selalu terakhir :d

Followers :)