pancake yummy



Panekuk (bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging (bacon atau ham)

Adonan biasanya dicampur bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, ragi, bir, atau kocokan putih telur. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang “ringan” karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt, atau susu kedelai.

Di seluruh dunia terdapat berbagai variasi panekuk. Poffertjes adalah salah satu variasi panekuk yang berukuran kecil. Crêpe adalah salah satu variasi panekuk yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis. Bergantung pada tradisi setempat, panekuk ini bisa dimakan dengan menggunakan pisau dan garpu, atau dimakan dengan tangan.

(sumber : http://rumahmella.wordpress.com/about/)

Bahan-bahan :

170 gram tepung terigu
2 sendok makan susu bubuk
½ sendok baking powder
245cc air minum
20 gram tepung maizena
45 gram gula yang sudah dihaluskan
1 butir telur
Garam, vanili secukupnya

Cara membuat : # Pancake: Campur terigu dan bahan kering lainnya. Buat lubang di tengahnya. # Masukkan telur dan susu cair. Aduk hingga licin dan kental. # Tambahkan soda kue, aduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit. # Panaskan wajan datar, tuangkan adonan ke dalam wajan hingga berbentuk bundar 8 cm. Angkat. Kerjakan hingga adonan habis.

Nah setelah pancake selesai dipanggang agar rasanya semakin enak maka perlu diberi isi, dan pancake ini akan saya isi dengan keju dan mesyes (meses)

Bahan isiannya : 100 gram keju parut 125 gram coklat mesyes Mentega untuk memoles

Cara bikinnya : Pancake dipoles dengan mentega bagian atasnya, beri keju parut, dan coklat mesyes, lipat jadi dua dan siap disantap Tips : - Memasak pancake harus dengan api yang sangat kecil, agar tidak cepat matang alias gosong. - Setiap akan membuat dadar pancake, jangan lupa beri 1/2 sendok teh minyak goreng ke atas wajannya. Ini dimaksudkan agar pancake tidak lengket dan mudah untuk dibalik. - Gunakan sendok yang pipih, datar dan tipis untuk membalik pancake. - Adonan pancake yang sudah siap, sebaiknya dituangkan ke dalam cangkir yang ada "mulut"-nya. Ini dimaksudkan agar dapat dengan mudah saat menuangkan pancake di atas wajan dan pancake yang dihasilkan pun dapat terorganisir hingga bisa menjadi tipis dan rata.

(sumber : http://cookingjournalkoori.blogspot.com/2011/02/pancake.html)

0 komentar:

Posting Komentar

me :)

Foto saya
Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia
anak XI IPA-2 dengan nomer absen yang selalu terakhir :d

Followers :)